Kamis, 28 Januari 2010

BAB II
PERENCANAAN PROGRAM
Perencanaan merupakan kegiatan awal yang dilakukan untuk memperhitungkan kelayakan sasaran yang harus dilayani serta dukungan-dukungan lain yang diperlukan guna mencapai tujuan.
Perencanaan perlu dilakukan karena terbatasnya sarana kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan PKBM mencakup kegiatan menurut skala prioritas yakni: KF, PAUD, Paket A, Paket B, Paket C, KBU, KBO, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) kemudian mengumpulkan dan menganalisa data calon warga belajar, tutor, nara sumber, dan pengelola lokasi.

A. PENGUMPULAN DATA
Data yang perlu dikumpulkan untuk kepentingan program kejar paket A, Paket B, Pket C, KF, KBU, KBO, PAUD, TBM, meliputi:
1. Data Calon Warga Belajar
Data yang perlu dikumpulkan
a. Nama jelas
b. Usia
c. Jenis Kelamin
d. Pendidikan Terakhir
e. Alamat
2. Data Tutor/ Nara Sumber
Data yang perludikumpulkan
a. Nama jelas
b. Usia
c. Jenis Kelamin
d. Pendidikan Terakhir
e. Alamat
3. Catatan Pengelola
Data yang perlu dikumpulkan
a. Nama jelas
b. Usia
c. Jenis Kelamin
d. Pendidikan Terakhir
e. Alamat

B. PENETAPAN SARANA DAN LOKASI
Mengingat bahwa target sasaran program PKBM atas lokasi dana yang disediakan pemerintah dalam setiap tahunnya, maka dalam pelaksanaan program PKBM “NURUL AMIN PAGEDANGAN” diatur sebagai berikut:
1. Penetapan Sasaran Awal
a. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).
b. Keaksaraan Fungsional.
c. Paket A serta SD diutamakan usia 7-13 tahun atau DO SD/MI.
d. Pket B serta SMP diutamakan siswa lulusan SD atau sederajat dan tidak melanjutkan serta siswa putus sekolah SMP kelas 1 usia 13-16.
e. Paket C serta SMA diutamakan siswa lulusan SMP atau sederajat dan tidak melanjutkan serta siswa putus sekolah SMA kelas 1 usia 16-19 tahun.
f. KBU (Kelompok Belajar Usaha)
g. KBO (Kelompok Berlatih Olahraga)
h. TBM (Taman Bacaan Masyarakat)

2. Penetapan Sasaran Perkembangan
Bila memungkinkan di kemudian hari, program yang belum tercakup pada sasaran awal akan kami kembangkan.









BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM
A. PENYELENGGARAAN
Dalam penyelenggaraan PKBM, PAUD, KF, Paket A, Paket B, Paket C, KBU, TBM, KBO semua unsur sistem harus berjalan sesuai dengan peran masing-masing. Unsur itu terdiri dari Warga Belajar, Tutor, Penyelenggara dan Pembina Program di semua tingkatan.
1. Warga Belajar
Ditetapkan bahwa setiap kelompok warga belajar sekitar 40 orang warga belajar, mereka terdiri dari lulusan SD, SMP, sederajat tidak melanjutkan dan siswa putus sekolah dalam batas usia 13-16 tahun.
2. Tutor
Tiap kelompok belajar atau sekitar 40 orang warga belajar dibantu oleh 13 (tiga belas) orang tutor.

B. PROGRAM BELAJAR
1. Mata Pelajaran
Mata Pelajaran Kejar, terdiri dari:
Paket A serta SD
a. PPKN
b. Pendidikan Agama
c. Bahasa Indonesia
d. Matematika
e. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
f. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
g. Pendidikan Kesenian
h. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
i. Keterampilan
Paket B serta SMP
a. Pendidikan Agama
b. PPKN
c. Bahasa Indonesia
d. Matematika
e. Bahasa Inggris
f. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
g. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
h. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
i. Kerajinan Tangan dan Kesenian
j. Keterampilan
Paket C serta SMA
a. Pendidikan Agama
b. PPKN dan Pendidikan Kewarganegaraan
c. Bahasa dan Sastra Indonesia
d. Sejarah Nasional dan Sejarah Umum
e. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
f. Bahasa Inggris
g. Ekonomi
h. Sosiologi
i. Tata Negara
j. Antropologi
2. Bahan Pelajaran
Bahan belajar yang digunakan oleh warga belajar adalah
a. Modul yang disusun berdasarkan atas tingkat kesetaraan dari setiap mata pelajaran
b. Perlengkapan
Alat peraga untuk sestiap mata pelajaran yang disediakan serta buku-buku bacaan lainnya yang dinilai serta SMP untuk setiap mata pelajaran.

3. Tempat Belajar
Tempat Belajar dilakasanakan di ruang belajar (kelas) di YAYASAN NURUL AMIN yang mudah dijangkau oleh warga belajar, tutor, dan pengelola.
Tempat belajar diciptakan seperti dalam suasana sekolah.

4. Proses Belajar
Tutor setiap akan membantu proses belajar sesuai mata pelajaran yang akan dipelajari warga belajar wajib membuat perencana program pelajaran setiap memulai pelajaran tutor mengebsen warga belajar.
Rencana program pembelajaran sekurang-kurangnya memuat item tentang pokok bahan atau sub bahan, metode evaluasi hasil yang diharapkan dan dituangkan dalam format.
Setiap akhir belajar diadakan evaluasi terhadap penguasaan materi yang telah diajarkan dan jika perlu memberi pekerjaan rumah.

C. JENIS DAN BENTUK PROGRAM
Jenis program yang diselenggarakan di PKBM NURUL AMIN antara lain:
I. MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PRA SEKOLAH/ PLAY GROUP
Program pra sekolah dilaksanakan dalam bentuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) guna membentuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani, rohani anak didik di luar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar. Tujuannya adalah memberikan dukungan bagi kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak agar tercipta pertumbuhan yang optimal dan siap memasuki sekolah.

PROGRAM PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
a. Keaksaraan Fungsional
Program Kesetaraan Fungsional (KF) merupakan pengembangan dari program pemberanasan buta aksara. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan keaksaraan dasar bagi warga masyarakat yang buta aksara sesuai dengan minat dan kebutuhan hidupnya. Prioritas sasaran adalah sesuai dengan minat dan kebutuhan hidupnya. Prioritas sasaran adalah warga masyarakat buta aksara yang berusia 17-35 tahun, pelaksanaan belajar selama 6 bulan di pandu oleh seorang tutor. Materi dan sarana belajar dikembangkan sesuai dengan mata pencaharian warga belajar.
b. Kesetaraan Pendidikan Dasar dan Menengah
1. Paket A setara SD
Program ini dilaksanakan dengan prioritas anak usia SD yang tidak sekolah atau putus sekolah dengan usia berkisar 17-15 tahun. Kegiatan belajar dilaksanakan dalam bentuk kelompok belajar yang terdiri dari 20-40 orang yang dipandu oleh 6 tutor sesuai dengan jumlah mata pelajaran yang akan diuji dalam Ujian Akhir Nasional. Lama pendidikan minimal 3 tahun karena dimulai dari kelas IV serta SD.
2. Paket B setara SMP
Sasaran program adalah siswa lulusan SD yang tidak bisa melanjutkan ke SMP dan siswa putus SMP dengan prioritas usia 13-15 tahun, yang karena sesuatu hal tidak mampu mengikuti pendidikan formal. Kegiatan belajar diselenggarakan dalam kelompok maksimal 40 orang, dipandu oleh 6 orang tutor, dengan lama pendidikan 3 tahun.
3. Paket C setara SMA
Sasaran program adalah siswa lulusan SMP yang tidak melanjutkan ke SMA dan siswa putus SMA dengan prioritas usia 16-20 tahun. Dipandu oleh 6 tutor dengan lama pedidikan 3 tahun.

II. MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN USAHA PRODUKTIF
Program ini dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan kemampuan warga belajar yang belum memiliki sumber mata pencaharian tetap dan atau berpenghasilan rendah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga belajar.
Sasaran program ini adalah warga belajar paket B setara SMP, Paket C setara SMA dan warga masyarakat lainnya dengan prioritas usia 17-35 tahun. Proses pembelajaran ditempuh melalui latihan keterampilan berusaha dengan jenis usaha yang diminati. Program ini dilaksanakan dalam bentuk kelompok antara 5-10 orang, bila memungkinkan diberikan dana bantuan usaha bekerja sama dengan BUMN/ BUMD dan pihak-pihak industri yang memiliki alokasi dana bagi pembinaan lingkungan sosial.
Upaya-upaya pembinaan usaha kecil dan menengah dalam kontek pembelajaran usaha produktif ini antara lain:
a. Usaha Anyaman Rotan
b. Usaha pembuatan tempe

III. MEMBERIKAN PELAYANAN INFORMASI DAN PENGETAHUAN
Untuk memnuhi sebagian tugas-tugas pelayanan informasi dipandang perlu menyediakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), ini merupakan program layanan baca, tulis bagi aksarawan baru untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca (Perpustakaan Desa) sesuai dengan kebutuhan.
TBM dikelola sekurang-kurangnya terdiri dari 1 orang ketua, 1 orang sekretaris, 1 orang bendahara dan dibina oleh pengawas PLS, tokoh masyarakat dan atau pengelola PKBM setempat. Pengadaan bahan koleksi bisa dilakukan melalui membeli atau membuat sendiri, bantuan pemerintah, lembaga, organisasi, penerbit atau swasta.
D. TEMAT DAN WAKU PELAKSANAAN PROGRAM
Tempat pelaksanaan seluruh program kegiatan di PKBM NURUL AMIN menggunakan gedung sendiri yang beralamat JL. Raya Pagedangan Komp. Bumi Puspitek Asri Blok II H No. II sebagai sentra pembelajaran sekaligus sekretariat “PKBM NURUL AMIN”.
Waktu pelaksanaan program kegiatan PKBM Nutul Amin dilaksanakan setiap hari dari jam 08.00 s/d 16.00 WIB, sedangkan waktu pembelajaran Paket A setara SD, Paket B setara SMP, Paket C setara SMA disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta kesempatan libur kerja bagi warga belajar, karena pada umumnya warga belajar sebagian besar telah bekerjja. Waktu pembelajaran setiap hari Sabtu dan Minggu dari jam 08.00 s/d 12.00. (Jadwal terlampir).

E. SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN
Gedung/ Tempat Proses Pembelajaran
1. Ruang Belajar
2. Ruang Pendidik atau Tutor
3. Ruang Sekretariat dan Tata Usaha (TU)
4. Ruang lab. Komputer
5. Ruang Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
6. Halaman tempat bermain (untuk TK PAUD)
7. Ruang Penunjang lainnya (WC, dapur, ruang penyimpanan peralatan mainan, dll)
8. Tempat Parkir
Sedangkan Sarana dan Prasarana yang dimiliki selain aspek legalitas, antara lain:
1. Buku-buku Paket Pembelajaran baik untuk SD, SMP maupun SMA
2. Meja dan kursi belajar
3. Meja dan kursi tenaga pendidik
4. Perlengkapan dan alat tulis kantor
5. Alat penerangan
6. Administrasi pembelajaran yang meliputi: Formulir Pendaftaran, kwitansi, ATK, Absensi Warga Belajar dan Tutorial
7. Panduan penyelenggaraan tutorial baik untuk Paket A setara SD, Paket B setara SMP maupun Paket C seara SMA

















BAB IV
TINDAK LANJUT

Dalam Pendidikan Luar Sekolah SPEM berfungsi sebagai upaya melacak dan membekapi proses pelaksanaan program.
A. SUPERVISI DAN MONITORING
1. Supervisi adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk memberi bantuan teknis kepada para petugas maupun bukan petugas yang secara langsung berkepentingan dalam PKBM “NURUL AMIN” YAYASAN “NURUL AMIN”.
2. Monitoring adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk mengikuti perkembangan jalannya program PKBM “NURUL AMIN” YAYASAN “NURUL AMIN” secara terus menerus.

B. EVALUASI DAN PELAPORAN
a. Evaluasi
Evaluasi adalah suatu program pengukuran/pengujian/penelitian terhadap kemampuan warga belajar berdasarkan atas materi yang sedang dan telah dipelajari.
Tujuan evaluasi adalah untuk memperoleh gambaran tentang tingkat kemampuan/kemajuan warga belajar serta efisiensi penyelenggaraan program belajar.
b. Pelaporan
Pelaporan adalah suatu kegiatan pengumpulan data dan informasi yang selanjutnya disusun secara sistematis dilaporkan kepada petugas yang berhak diberikan laporan.
c. Penetapan lokasi
Lokasi yang dipilih untuk melaksanakan program PKBM “NURUL AMIN” Jl. Raya Pagedagangan Komp. Puspitek Blok II H No. II
 Banyak usia anak-anak SD tidak masuk sekolah karena suatu hal
 Paling banyak siswa lulusan SD sederajat tidak melanjutkan dan putus SMP kelas 1 usia 13-16 tahun
 Untuk PAUD, KF, Paket A, Paket B, Paket C, KBU, KBO, TBM sudah berjalan.

BAB V
KESIMULAN

A. KESIMPULAN
Berawal dari keprihatinan akan kondisi sosial ekonomi dan minimnya fasilitas umum dan fasilitas sosial terutama sentra-sentra pembelajaran bagi masyarakat di desa-desa yang ada di kecamatan Pagedangan, amak PKBM “Nurul Amin” sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai Program Pendidikan Luar Sekolah yang dilaksanakan, meliputi:
1. Pendidikan Kesetaraan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini, Paket A setara SD, Paket B setara SMP, dan Paket C setara SMA yang dilaksanakan di PKBM “Nurul Amin” Komplek Bumi Puspiptek Asri Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang Provinsi Banten.
2. Pembelajaran usaha produktif, selain upaya-upaya pemberantasan buta aksara dan pencerdasan rakyat melalui Program Pendidikan Kesetaraan, juga dilangsungkan pembinaan dan pembentukan unit usaha-usaha produktif berbasis daya setempat.
3. PKBM “Nurul Amin” merupakan salah satu solusi bagi peserta didik yang putus sekolah/keluarga yang tidak mampu untuk dapat melanjutkan pendidikannya, sehingga mereka memiliki pengetahuan dan kecakapan hidup.

B. SARAN-SARAN
Berangkat dari itu, kami sebagai pengurus PKBM “Nurul Amin” mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif segenap lapisan masyarakat, baik pemerintah daerah, BUMN/BUMD, intansi terkait dan industri yang ada di wilayah Kebupaten Tangerang untuk secara bersama-sama melakukan upaya-upaya pencerdasan masyarakat sekaligus pengentasan kemiskinan sehingga kita dapat keluar dari krisis multi dimensi yang berkepanjangan.
Demikian program kerja ini kami buat sebagai pedoman dan petunjuk bagi pelaksana kegiatan program yang sudah berjalan di PKBM NURUL AMIN sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan.
Harapan ini tentu tidak bermaksud menghilangkan ketidak sempurnaan yang pasti terdapat dalam program kerja ini.
Akhirnya hanya manfaat dan keridhoan Allah swt atas segala yang telah, sedang, dan akan kita lakukan serta kita dambakan bersama. Amin Ya Robbal Alamin.