Selasa, 17 Juni 2008

Penegrtian, Fungsi Serta Kegunaan Penelitian dalam Konteks Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Penegrtian, Fungsi Serta Kegunaan Penelitian dalam Konteks Pengembangan Ilmu Pengetahuan

A Pengertian
Penelitian secara sederhana diartikan dengan suatu penyelidikan yang dijalankan dengan bantuan prosedur-prosedur terstandar untuk mendapat informasi yang akan menambah khazanah pengetahuan. Dalam mendefinisikan penelitian, para ilmuan memiliki perspektif yang berbeda. Di antaranya berpendapat bahwa penelitian adalah alat fisik maupun mentalyang dipakai dalam usaha memecahkan persoalanpersoalan yang timbul. Menerut Nasution (1992), penelitian diartikan sebagai kegiatan untuk menemukan pengetahuan baru, upaya untuk menemukan harus dilakukan dengan cara-cara yang dikenala sebagai metodologi penelitian.
B Fungsi
Penelitian berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu berfungsi sebagai teori yang menjawab pertanyaan tertentu dalam suatu disiplin ilmu, kedua sebagai penerapan dan pangembangan pengetahuan yang didasarkan pada penelitian dalam bidang prkatis tertentu, dan ketiga untuk mengukur manfaat dan nilai praktek dalam situasi tertentu.
C Kegunaan
Kegunaan penelitian adalah untuk mendapatkan informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan pendidikan. Kegunaan penelitian dibagi atas dua bagian, yaitu kegunaan teoritis dan kegunaan praktis. Kegunaan teoritis biasanya hasil penelitian ini diharaapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan konsep-konsep atau teori-teori atau teori waskat dan disiplin kerja khususnya. Kegunaan praktis hasil penelitian hendaknya disebutkan secara tersurat berguna bagi siapa saja, misalnya berguna bagi responden ialah agar terjadi perubahan sikap karena responden merasa diperhatikan nisibnya.
D Ayata-ayat Al-Qur’an yang menganjurkan untuk meneliti
Al-Quran merupakan sumber ilmu pengetahuan bagi manusia yang di dalamnya terdapat lebih dari 700 ayat al-Quran yang menganjurkan manusia untuk meneliti.
Di antara ayat-ayat yang menceritakan tentang pentingnya penelitian, antara lain:
Surah al-Ghasyiah ayat 17-20 yang artinya:
“Maka apakah mereka tidak memperhatikan onta bagaimana dia diciptakan? Dan langit, bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? Dan bumi bagaimana ia dihamparkan?”

Tidak ada komentar: